Bioteknologi: Kesehatan, Bahan Bakar, dan Makanan untuk Dunia

Secara sederhana, bioteknologi adalah teknologi berdasarkan biologi. Bioteknologi mencakup peranan seluler dan proses biomolekuler untuk mengembangkan teknologi dan produk yang dapat meningkatkan derajad kehidupan manusia. Kita telah menggunakan proses biomolekuler dari mikroorganisme lebih dari 6000 tahun untuk membuat produk makanan yang berguna, seperti roti, keju dan lain sebagainya.

Bioteknologi modern telah menghasilkan teknologi dan produk untuk mengatasi penyakit-penyakit, mengurangi polusi karena adanya pergantian jenis bahan bakar yang ramah lingkungan, dan menyediakan makanan melalui bioteknologi pertanian.

Saat ini, telah terdapat lebih dari 250 produk bioteknologi pemelihara kesehatan maupun vaksin yang digunakan untuk pasien. Lebih dari 50 biorefineri (pemurni bahan bakar berbasis biologi) yang dibangun di sepanjang Amerika Utara untuk menguji dan memurnikan produk bioteknologi menjadi bahan bakar biologi (biofuel) dan bahan-bahan kimia dari biomassa yang dapat terbaharukan sehingga dapat menurunkan gas emisi industri. Lebih dari 13,3 juta petani seluruh dunia telah menggunakan bioteknologi pertanian untuk meningkatkan jumlah produksi, mencegah kerusakan dari hama, dan mengurangi dampak pertanian terhadap lingkungan.

Perkembangan saat ini dalam bioteknologi sangat membantu kita, berikut perkembangannya:

Memberikan Kesehatan untuk Dunia

Peranan bioteknologi dalam membantu “menyembuhkan dunia” adalah:

  1. Mengurangi laju penyakit infeksi;
  2. Menciptakan pendeteksi penyakit yang lebih presisi; dan
  3. Menghasilkan produk bioteknologi yang berguna untuk melawan penyakit.

Menyediakan Bahan Bakar untuk Dunia

Bioteknologi menggunakan proses biologis seperti fermentasi dan biokatalis (enzim, jamur, mikroba lain) untuk proses produksi bahan bakar. Peranan bioteknologi dalam menyediakan bahan bakar untuk dunia adalah:

  1. Meningkatkan efisiensi proses produksi untuk menghemat hingga 50% ataupun lebih dalam biaya operasional;
  2. Menggunakan biofuel berarti mengurangi emisi gas hingga 52% ataupun lebih; dan
  3. Mengurangi limbah yang dihasilkan.

Memberi Makanan untuk Dunia

Bioteknologi telah terbukti dapat membuat tanaman pangan resisten terhadap hama sehingga kebutuhan akan pestisida dapat dikurangi. Dengan adanya pengurangan kebutuhan pestisida tersebut diharapkan akan dapat menciptakan pertanian yang lebih ramah lingkungan. Peranan bioteknologi dalam member makanan untuk dunia adalah:

  1. Menghasilkan jumlah produksi pangan yang lebih besar;
  2. Mengurangi kebutuhan senyawa-senyawa kimia pertanian; dan
  3. Mengembangkan produk petanian yang dapat menghasilkan senyawa kimia yang dibutuhkan tubuh manusia (misal: golden rice).

About edhisambada

Saat ini menjalani profesi apoteker USD, mempunyai hobi mencari artikel2 yang menarik dan tenis. View all posts by edhisambada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: