ANTARA OBAT TRADISIONAL KATEGORI JAMU, OHT, dan FITOFARMAKA: Hayo pilih yang mana?

Menurut  PERMENKES RI No. 246/Menkes/Per/V/1990, yang dimaksud dengan obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan galenik atau campuran dari bahan-bahan tersebut, yang secara tradisional telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman.

Faktor pendorong terjadinya penggunaan obat herbal di negara maju adalah usia harapan hidup yang lebih panjang pada saat prevalensi penyakit kronik meningkat, adanya kegagalan penggunaan obat modern untuk penyakit tertentu diantaranya kanker serta semakin luas akses informasi mengenai obat herbal di seluruh dunia.

Untuk meningkatkan keselektifan pengobatan dan mengurangi pengaruh musim dan tempat asal tanaman terhadap efek, serta lebih dalam memudahkan standarisasi bahan obat maka zat aktif diekstraksi lalu dibuat sediaan fitofarmaka atau bahkan dimurnikan sampai diperoleh zat murni.

Ayo, sekarang kita bahas kategori-kategori obat tradisional. Obat tradisional yang beredar di pasaran Indonesia dapat dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu jamu, obat herbal terstandar (OHT), dan fitofarmaka.

Pada jamu belum dilakukan uji apapun, komposisi jamu diperoleh dari informasi turun-temurun nenek moyang kita yang membuktikan bahwa jamu tersebut berkhasiat menyembuhkan suatu penyakit. Pada OHT telah dilakukan standarisasi bahan baku produk (mis: ekstrak tumbuhan atau simplisia) serta telah dilakukan uji praklinik (uji pada hewan) dan terbukti berkhasiat dan aman uji pada hewan. Pada fitofarmaka sudah dilakukan standarisasi bahan baku produk serta telah dilakukan uji klinik (uji pada manusia, uji lanjutan setelah uji pada hewan berkhasiat dan aman), yang membuktikan keamanan dan khasiatnya.

So, jadi bingung atau jadi paham akan memilih obat tradisional kategori yang mana jika disodorkan 3 kategori obat tradisional di atas?

Gambar di samping merupakan logo kategori obat tradisional, biasanya berada di sisi kanan atas produk obat tradisional. Silahkan Anda cermati…

About edhisambada

Saat ini menjalani profesi apoteker USD, mempunyai hobi mencari artikel2 yang menarik dan tenis. View all posts by edhisambada

5 responses to “ANTARA OBAT TRADISIONAL KATEGORI JAMU, OHT, dan FITOFARMAKA: Hayo pilih yang mana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: